Melbourne (ANTARA News) - Juara Australia Terbuka dua kali Victoria Azarenka yang melangkah mudah ke babak 16 Besar turnamen ini di Melbourne Park, hari ini, mengatakan dia kini lebih santai dibandingkan sebelumnya dan bersenang-senang saja di lapangan.

Azarenka yang berstatus non unggulan setelah ke lapangan lagi usai sembuh dari cedera dan depresi sejak 2014, melewati hadangan petenis Ceko unggulan 25 Barbora Zahlavova Strycova dengan 6-4, 6-4.

Petenis Belarus berusia 25 tahun yang pada babak keempat nanti menghadapi finalis tahun lalu yang sekaligus unggulan 11 Dominika Cibulkova mengaku merasa tidak menghadapi tekanan apa-apa pada ajang Grand Slam pembuka ini.

Azarenka yang pada tahun-tahun sebelumnya terkesan introvert di Melbourne Park, mengawali tahun ini dengan tarian di lapangan setelah berkali-kali menang dan sekaligus memenangkan hati penonton Australia untuk pertama kalinya.

"Saya jauh lebih banyak bersenang-senang. Saya menjadi diri saya. Saya mengatakan apa yang saya katakan. Saya tertawa saat aku memang ingin ketawa. Saya bermain pada gaya yang ingin saya mainkan. Saya menggerutu saat saya ingin menggerutu," kata dia.

Azarenka mengatakan rangkaian cedera pada kakinya dan putus cinta dengan musisi yang juga bintang reality-show Redfoo, membuatnya menjadi lebih siap mengatasi tekanan di dunia tenis.

"Mampu mengendalikan keraguan-keraguan itu, benar-benar perjuangan melewatinya. Keduanya muncul, Anda hanya perlu menerima tantangan itu."

Di samping kian dewasa di lapangan di mana dia menjalin pertemanan dengan sesama petenis lainnya, Azarenka juga meningkat permainannya.

"Saya merasa telah bermain lebih bagus ketimbang permainan saya dua tahun lalu. Saya kira permainan saya telah berkembang," kata dia seperti dikutip AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015