Melbourne (ANTARA News) - Unggulan ketujuh asal Kanada Eugenie Bouchard berhasil bertahan dari kemerosotan penampilannya pada pertengahan pertandingan sebelum akhirnya mengalahkan Irina-Camelia Begu dari Rumania dan mencapai perempat final Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Minggu.

Bouchard, semifinalis turnamen ini tahun lalu, menundukkan Begu dalam pertandingan tiga set 6-1, 5-7, 6-2.

Dia terlihat akan melaju cepat setelah dengan mudah meraih kemenangan set pertama dan unggul 3-0 pada set kedua. Tapi petenis peringkat 42 dunia Begu itu kemudian mulai bangkit.

"Saya merasa seperti saya memulai pertandingan dengan sangat bagus dan saya ingin menjaganya terus begitu," kata Bouchard, seperti dilaporkan AFP.

"Tapi dia muncul dengan beberapa tembakan yang sangat bagus dan level permainan saya menurun," katanya.

Petenis 20 tahun yang sedang menanjak tersebut sebelumnya dengan mudah memenangi set pertama dengan memasukkan 74 persen servis pertamanya.

Begu, yang menumbangkan unggulan kesembilan asal Jerman Angelique Kerber pada putaran pertama, awalnya kaku pada penampilan pertamanya di putaran keempat turnamen Grand Slam itu.

Keberhasilannya dalam pengembalian bola dari garis belakang, rata-rata 50 persen pada putaran-putaran sebelumnya, turun menjadi 15 persen pada set pertama pertandingan tersebut.

Bouchard melanjutkan penampilan bagusnya di awal set kedua, unggul 3-0 dengan dua kali mencuri angka servis lawan sebelum petenis Rumania itu bermain stabil dan berhasil membalas mencuri angka servis untuk menyamakan kedudukan 3-3.

Begu menghasilkan angka dari servisnya dengan sebuah "ace" untuk unggul 4-3 dan kemudian melepaskan "backhand" kilat yang masuk ke garis untuk membawa tiga "break point", yang membuat lawannya yang asal Kanada itu kehilangan angka pada "break point" kedua karena pukulan "forehand" yang salah.

Bouchard mencoba bertahan saat Begu memegang servis untuk kemenangan set, lalu menangkis dua "set point" pada game berikutnya.

Kegigihan petenis Rumania itu terbayar saat Bouchard melakukan kesalahan ganda sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke set ketiga.

Petenis Kanada Bouchard merebut kembali kendali permainan pada set ketiga, mencuri angka servis Begu pada game pertama dan pada game ketujuh untuk memastikan tempat di delapan besar.

(Uu.I015)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015