London (ANTARA News) - Juara bertahan Arsenal dipaksa berkeringat oleh klub Championship Brighton and Hove Albion sebelum kemudian menang 3-2 pada putaran keempat Piala FA yang dimainkan pada Minggu, untuk memastikan mereka tidak terperosok ke dalam kejutan tidak menyenangkan lainnya.

Sehari setelah Chelsea dan Manchester City disingkirkan oleh Bradford City dan Middlesbrough, Arsenal mengatasi perlawanan Brighton melalui gol-gol dari Theo Walcott, Mesut Ozil, dan Tomas Rosicky untuk membantu mereka meraih kemenangan, lapor Reuters.

West Ham harus berterima kasih kepada pemain pengganti Diafra Sakho yang mengamankan kemenangan mereka atas tim League One Bristol City, di mana pemain internasional Senegal itu menanduk umpan silang Andy Carroll menjadi gol pada menit ke-81 untuk mengirim The Hammers ke putaran kelima.

Aston Villa, yang berharap Piala FA akan menyediakan rasa lega dari kesulitan-kesulitan mereka di Liga Utama Inggris, juga mengamankan tempat mereka di putaran selanjutnya berkat kemenangan 2-1 atas pemuncak klasemen Championship Bournemouth.

Carles Gil, yang didatangkan dari Valencia pada awal bulan ini, mencetak gol mengejutkan untuk membawa Villa memimpin pada menit ke-51 sebelum Andreas Weimann menambahi gol kedua.

Callum Wilson mencetak gol hiburan untuk Bournemouth, namun Villa mampu mencegah tim Championship itu dari memainkan pertandingan ulang.


Menenangkan Kegelisahan

Para penggemar Arsenal akan dimaafkan seandainya mereka memiliki perasaan was-was saat berkunjung ke pesisir selatan, setelah menyaksikan rival-rival Liga Utama Inggrisnya Chelsea dan Manchester City tersingkir pada putaran keempat.

Namun kegelisahan mereka dapat ditenangkan saat pertandingan baru berlangsung 89 detik ketika Walcott mengendalikan umpan silang Calum Chambers, dan melepaskan tembakan melewati David Stockdale untuk mencatatkan gol pertamanya dalam rentang waktu lebih dari setahun setelah absen lama karena masalah pada pergelangan kakinya.

Arsenal terus menggempur pertahanan Brighton dan pemain yang pada tahun lalu membawa Jerman menjadi juara Piala Dunia Ozil, yang untuk pertama kalinya sejak Oktober dimainkan sebagai pemain inti, menggandakan keunggulan Asenal ketika ia mendapatkan operan dari Rosicky dan menggulirkan bola masuk ke gawang.

Brighton memperkecil ketertinggalan ketika Chris OGrady sukses mengatasi hadangan dari Mathieu Flamini dan tetap tenang untuk kemudian menaklukkan Wojciech Szczesny.

Rosicky merestorasi keunggulan dua gol Arsenal melalui sepakan voli dari tepi kotak penalti, namun penyerang Brighton Sam Baldock membuat fase akhir pertandingan berlangsung menegangkan bagi sang juara bertahan ketika ia mampu mencungkil bola untuk melewati Szczesny.

(H-RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015