Los Angeles (ANTARA News) - Film satir tentang bisnis hiburan "Birdman" kembali meraih penghargaan penting untuk aktor-aktor Hollywood dalam perjalanan menuju Oscar.

Para aktor "Birdman" memenangi penghargaan kategori ansambel pelakon terbaik dalam film dari Screen Actors Guild (SAG) pada Minggu (25/1), sehari setelah film garapan sutradara Meksiko, Alejandro G. Inarritu, itu memperoleh penghargaan dari Producers Guild.

"Ini sangat-sangat menyenangkan," kata Michael Keaton, yang berperan sebagai pahlawan super yang berusaha kembali ke Broadway dalam film "Birdman."

Sementara penghargaan individual tertinggi SAG diberikan kepada empat pemeran pemenang penghargaan Golden Globes dua pekan lalu - Julianne Moore, Eddie Redmayne, Patricia Arquette dan J.K. Simmons - membuat perjalanan mereka meraih Oscar pada 22 Februari seolah tak bisa dihentikan.

Moore mendapatkan penghargaan untuk perannya sebagai perempuan pada tahap awal Alzheimer dalam "Still Alice" dan aktor Inggris, Redmayne, mendapat penghargaan atas perannya sebagai ahli fisika Stephen Hawking dalam "The Theory of Everything."

Arquette mendapat tropi penghargaan sebagai pemeran pendukung terbaik untuk perannya sebagai ibu dalam "Boyhood," film kecil yang dibuat selama 12 tahun dengan pemeran yang sama.

"Saya tidak bisa bilang seberapa penting ini bagi saya," kata Arquette saat menerima penghargaan SAG pertamanya.

"Saya pemeran generasi keempat. Keluarga saya berkomitmen untuk berakting saat perjamuan maupun kelaparan," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Simmons, aktor dengan daftar panjang peran di televisi dan film, mendapat penghargaan dalam perannya sebagai guru musik di film "Whiplash."

"Saya ingin berterima kasih kepada 49 aktor yang tampil dalam 'Whiplash' karena telah mewujudkan visi Damien Chazelle dengan sangat indah," kata Simmons mengacu pada sutradara muda yang menggarap film itu.

Pada penghargaan untuk televisi, komedi tentang penjara perempuan "Orange is the New Black" memenangi penghargaan ansambel pelakon terbaik dalam komedi dan aktris terbaik untuk Uzo Aduba.

Kevin Spacey mendapat penghargaan sebagai aktor terbaik dalam drama seri untuk perannya sebagai anggota kongres Frank Underwood dalam thriller politik "House of Cards."

Selain itu ada Viola Davis yang menerima penghargaan sebagai aktris terbaik dalam drama seri lewat perannya sebagai pengacara dalam "How to Get Away with Murder" dan serial Inggris, "Downton Abbey", meraih penghargaan sebagai drama seri terbaik.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015