Jakarta (ANTARA News) - Mengawali tahun 2015, city car Mitsubishi Mirage hadir dengan tampilan baru yang lebih muda.

New Mirage mencoba menggaet generasi muda dengan penyegaran di sisi interior dan eksterior. Fungsi keamanan yang ditingkatkan pun membuat New Mirage semakin menyakinkan dengan adanya Dual SRS Airbag
Fitur yang kini hadir di semua varian (Exceed, Sport, GLS, GLX).

Selain itu, hadirnya varian New Mirage Sport membawa Mirage semakin dekat dengan anak muda lewat karakter sporty, dengan menambahkan fitur-fitur dan sentuhan racing pada desainnya.

Mirage yang sudah dikenal dengan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar menjadi semakin percaya diri dengan tampilannya yang lebih segar.

"Hadirnya varian New Mirage Sport juga menegaskan kehadirannya sebagai city car yang tak hanya nyaman dan efisien dalam penggunaan bahan bakar, tetapi sporty sesuai dengan DNA Mitsubishi," kata Executive General Manager Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Kosei Tamaki.

Banyaknya perubahan pada penampilan Mirage ditambah keunggulan efisien dalam penggunaan bahan bakar membuat Mirage optimistis.

New Mirage menjadi jurus baru Mitsubishi untuk mendongkrak penjualan city car.

Perluas pasar

Mirage yang selama ini dikenal sebagai mobilnya keluarga kecil atau eksekutif muda itu ingin bertransformasi menyapa kalangan generasi muda.

Sejak pertama kali diluncurkan, New Mirage akhirnya menjejakkan kakinya ke Kota Bandung, Jawa Barat, yang dikenal sebagai kota dinamis yang memiliki banyak "tongkrongan" bagi kaum muda pada 21-23 Januari 2015.

New Mirage memperkenalkan diri sebagai mobil yang pas untuk anak muda, baik dari segi gaya maupun keiritan.

Khususnya New Mirage Sport, yang merupakan varian terbaru dari tipe GLS dengan New Sporty Package di sisi eksterior yang memberikan tampilan segar, sporty, dan stylish.

Di bagian depan mobil, tampilan diubah dengan front body kit dan black out front bumper sedangkan sentuhan sporty dipertegas pada sporty stripes di sisi body kanan dan kiri mobil. Fitur tambahan fog lamp dengan DRL (Daytime Running Lights) semakin menambah gagah tampilannya.

Tambahan lainnya yakni rear body kit, side sill extension, Side Visor, Muffler Cutter dengan Lapisan Chrome, dan Rear Spoiler berdesain aerodinamis.

"Perubahan ini cukup menarik karena tingkat safety-nya ditingkatkan, misalnya ada daytime running lights, ABS, airbag, dan lainnya" kata pereli Rifat Sungkar.

Tambahan diameter velg menjadi 15 inchi, menurut Rifat cukup membuat tampilan luar New Mirage menjadi berbeda.

"Corner ring lebih baik karena ring lebih besar, ban lebih tipis," ujar Rifat.

Ia menambahkan, dengan tampilan lebih gaya dari New Mirage ini menguatkan kompetensi karakter Mirage sebagai city car.

"Bensin irit minta ampun, space di belakang lebih besar, efisien, dan sekarang ditambah lebih gaya," tambah brand ambassador Mitsubishi itu.

Tingkatkan target

Melalui New Mirage Sport, Mitsubishi Mirage ingin memperluas pasar di segmen generasi muda bahkan menjadi alat untuk memperkuat kendaraan berpenumpang Mitsubishi di kancah otomotif Indonesia.

"Di kelas sporty, kami mau mengakomodasi pasar anak muda yang sebelumnya belum kami garap dengan baik. Ternyata peluangnya  cukup besar, maka kami serius," kata Operating General Manager of MMC Marketing Division PT KTB Duljatmono.

"Kami mau memperkuat posisi itu dengan menampilkan Mirage dengan penampilan yang bagus didukung dengan safety yang bagus pula dan tentunya irit. Kompetitor tidak melakukan yang selengkap dengan yang Mitsubishi yang kami punya," jelasnya.

New Mirage Sport bahkan diyakini mampu menganggu pasar Low Multi Purpose Vehicle (Low MPV).

Mitsubishi New Mirage merupakan facelift dari New Mitsubishi Mirage yang sudah ada sejak tahun 2012 dan populasinya kini mencapai lebih dari 14.000 unit dengan market share sebesar 14% di kelasnya pada tahun 2014 (Jan-Des). Di sisi lain, Mitsubishi New Mirage Sport adalah varian terbaru yang merupakan tipe GLS dengan New Sporty Package

PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia menargetkan penjualan sebesar 7.500 unit pada 2015 untuk New Mirage dan New Mirage Sport atau meningkat dari penjualan tahun 2014 sebesar 6.233 unit.

Padahal, pasar otomotif Indonesia pada 2015 diprediksi akan stagnan yaitu sekitar 1,2 juta unit.

"Kalau pasar ekonomi memang stagnan, orang akan lebih memilih beli mobil, jadi tidak hanya kendaraan yang fungsional tapi juga tidak memberatkan biaya operasional," kata Head of MMC and MFTBC PR Departement PT KTB Intan Vidiasari.

Pereli Indonesia yang juga CEO Group Automotive Bosowa pun mengaku optimistis bahwa New Mirage mampu memperlebar sayap pasarannya.

"Kami optimistis banget karena segmen (Mirage) masih besar. Kalau efisien tidak perlu dibuktikan, sudah terbukti sekali. Dengan New Mirage, Mitsubishi ingin buktikan bukan hanya irit tapi juga lebih sporty," ujar Subhan.
Oleh
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015