Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo menyoroti tiga permasalahan utama yang dinilai terus menghambat nelayan tradisional guna meningkatkan tingkat kesejahteraannnya di Tanah Air.

"Masalahnya ada tiga, yang pertama adalah susah mencari BBM (bahan bakar minyak)," kata Edhy Prabowo dalam acara Orasi Kebangsaan dan Dialog Kelautan di Gedung Joeang 45, Jakarta Pusat, Selasa.

Politisi Partai Gerindra itu juga menyebutkan bahwa tidak hanya sukar mencari BBM, tetapi nelayan juga kerap menghadapi persoalan ada BBM tetapi tidak bisa melaut karena cuaca buruk dan ombak tinggi.

Persoalan kedua, ujar dia, adalah sukarnya mendapatkan akses permodalan yang tidak hanya dihadapi para nelayan tradisional tetapi juga beragam kalangan di negeri ini.

Sedangkan persoalan ketiga adalah sukarnya mendapatkan alat tangkap yang sangat vital digunakan dalam operasionalnya di laut guna menangkap ikan.

Sebagaimana diberitakan, tingkat harga jaring penangkap ikan yang digunakan oleh nelayan tradisional dinilai merupakan yang termahal di negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015