Kebetulan Zulkifli Hasan adalah Ketua MPR yang dipilih oleh berbagai partai yang lain. Ini menunjukkan sebuah harapan adanya produk kebangsaaan pada Zulkifli melebihi Hatta Rajasa."
Pekanbaru (ANTRARA News) - Ketua Majelis Penasehat Partai (MPP) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Amien Rais menyatakan bahwa dukungannya terhadap Zulkifli Hasan adalah karena perlunya regenerasi dan sosok kebangsaan yang dimilikinya sebagai Ketua MPR

"Alasannya inti dari Kongres Bali adalah regenerasi, peremajaan bukan penuaan. Saya ini pro perubahan," katanya di Pekanbaru, Selasa.

Hal itu disampaikannya setelah acara silaturahim dengan kader PAN Riau di Hotel Arya Duta, Pekanbaru. Namun, Ketua dan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Riau sendiri tidak hadir.

Amien lebih lanjut mengatakan bahwa PAN juga butuh pemimpin yang memiliki sosok kebangsaan. Hal itu dianggapnya ada secara simbolis pada Zulkifli Hasan yang menjabat Ketua MPR RI.

"Kebetulan Zulkifli Hasan adalah Ketua MPR yang dipilih oleh berbagai partai yang lain. Ini menunjukkan sebuah harapan adanya produk kebangsaaan pada Zulkifli melebihi Hatta Rajasa," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, dari segi usia jelas Zulkifli lebih muda dari Hatta Rajasa. Selisihnya adalah sembilan tahun.

Dia juga menyatakan mendukung ide otonomi dalam struktur kepartaian yang dikampanyekan oleh Zulkifli Hasan.

Menurut dia sudah tidak saatnya lagi pusat mendikte daerah. Oleh karena itu, pada Kongres 28 Februari di Bali nanti ini harus didukung.

"Semua ini memperlihatkan seakan-akan PAN ini otoriter. Semua harus dikembalikan ke daerah. Bupati/wali kota tidak perlu lagi SK dari pusat," ujarnya.

Ketua MPP DPW PAN Provinsi Riau, Djuharman Arifin mengatakan pihaknya telah dalam silaturahim itu mengundang seluruh Pengurus MPP DPW dan Pengurus Harian DPW PAN Riau, sejumlah pengurus MPP DPD dan Pengurus Harian DPD, anggota DPRD Provinsi Riau dan DPRD kabupaten/kota, pimpinan Ortom PAN, inisiator dan pendiri PAN Riau, serta kader PAN lainnya.

"Ini betul-betul forum silaturrahim keluarga besar PAN Riau dengan tokoh reformasi dan pendiri PAN Saudaraku Amien Rais," ujarnya.

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015