Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melaporkan hasil kinerjanya pada hari ini tepat 100 hari pertama dalam Kabinet Kerja periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

"Hari ini tepat 100 hari kami melaksanakan kewajiban, dan akan kami laporkan semua hal yang telah kami kerjakan," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi di Gedung Serba Guna KemenPan-RB, Jakarta, Selasa.

Pada laporan tersebut KemenPan-RB telah berhasil menggapai sejumlah capaian dari sembilan program yang telah ditetapkan.

Gerakan nasional revolusi mental pada setiap program yang digaungkan oleh KemenPan-RB di berbagai media dan kunjungan lapangan, telah memunculkan berbagai harapan masyarakat Indonesia dibidang birokrasi.

Sembilan program tersebut adalah Penataaan Struktur Birokrasi, Penyebaran Distribusi PNS, Perekrutan PNS dan Pimpinan Tinggi, Peningkatan Profesionalisme, Pengembangan Sistem Elektronik, Peningkatan Pelayanan Publik, Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Aparatur, Peningkatan Kesejahteraan SDM Aparatur Negara dan Peningkatan Efisiensi Belanja Aparatur Negara.

"Program ini sudah mulai berjalan sejak awal dibentuknya Kabinet Kerja dan sudah terlihat dari beberapa peningkatan kualitas birokrasi," tutur Yuddy.

Ia menjelaskan peningkatan tersebut dilihat dari patokan, semakin berkurangnya keluhan masyarakat terhadap kinerja dari aparatur negara.

"Memang masih ada, tapi sudah banyak berkurang selama tiga bulan ini, dan penghematan anggaran bisa dialokasikan pada program yang lebih bagus kedepannya," ujarnya.

Pewarta: Afut Syafril
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015