Jakarta, (ANTARA News) - Ketua DPR RI Setya Novanto melantik lima anggota baru DPR setelah sebelumnya dilakukan mekanisme Pergantian Antar Waktu oleh masing-masing partai politik.

Acara pelantikan dipimpin oleh Ketua DPR RI Setya Novanto dalam sidang paripurna DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Politisi PKB Arzeti Bilbina dilantik menjadi anggota DPR untuk menggantikan (pergantian antar-waktu/PAW) Imam Nachrowi yang telah menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga.

Selain itu dua politisi PKB juga dilantik menjadi anggota DPR, yaitu Arifin Hakim Toha dan Holil Kaumas.

Arifin menggantikan Marwan Jafar yang saat ini menjadi Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, sedangkan Hakim menggantikan Hanif Dhakiri yang menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Selain itu Setya juga melantik Ali Mahin sebagai anggota DPR dari Partai Nasdem menggantikan HM Prasetyo yang menjadi Jaksa Agung dan politisi Partai Demokrat Mufniati dilantik menjadi anggota DPR menggantikan Sutan S yang meninggal dunia.

Arzeti Bilbina mengatakan dirinya siap ditempatkan di komisi manapun untuk mengabdi untuk bangsa dan negara.

Dia menjelaskan modalnya sebagai "public figure" menjadi poin plus memudahkannya melaksanakan tugas-tugasnya menyerap aspirasi masyarakat.

"Figur publik atau bukan menurut saya bukan halangan dan tidak perlu dibedakan. Setiap orang punya hak yang sama untuk memilih dan dipilih," ujarnya.

Menurut dia modal kapasitas dan kredibilitas menjadi penting untuk menjalankan tugas sebagai anggota legislatif.

Dalam pelantikan itu, Setya didampingi tiga Wakil Ketua DPR RI yaitu Agus Hermanto, Fahri Hamzah, dan Fadli Zon. Acara pelantikan itu dihadiri oleh 409 anggota DPR RI.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015