Yang jadi prioritas kita dalam APBD DKI 2015, yaitu program-program penanganan banjir dan pembebasan lahan. Dua hal itu yang jadi fokus kita,"
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memprioritaskan dua program pembangunan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Tahun Anggaran 2015.

"Yang jadi prioritas kita dalam APBD DKI 2015, yaitu program-program penanganan banjir dan pembebasan lahan. Dua hal itu yang jadi fokus kita," kata Basuki usai rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, sejumlah program penanganan banjir yang akan dilaksanakan pada tahun ini, diantaranya pembangunan tanggul serta pembelian atau perbaikan pompa-pompa air.

"Sedangkan untuk program pembelian lahan, kita akan fokuskan untuk perluasan dan penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) berupa taman-taman kota serta pembangunan waduk," ujar Ahok.

Selain dua program tersebut, dia menuturkan sebanyak 27 persen dari total anggaran pada tahun ini juga akan dialokasikan untuk pelaksanaan program-program dalam bidang pendidikan.

"Untuk meningkatkan pendidikan di Jakarta, kita akan sempurnakan sistem Kartu Jakarta Pintar (KJP) untuk siswa yang kurang mampu, dan juga membangun atau memperbaiki gedung-gedung sekolah," tutur Ahok.

Hari ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta Tahun Anggaran 2015 sebesar Rp73,08 triliun.

Total anggaran tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 0,24 persen apabila dibandingkan dengan APBD Perubahan DKI 2014 lalu sebesar Rp72,9 triliun.

Pewarta: Rr. Cornea K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015