Cikarang (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengintensifkan pengawasan terhadap sejumlah kawasan rawan banjir memasuki puncak musim hujan 2015.

"Pengawasan kita intensifkan dengan menempatkan empat posko siaga di sejumlah kawasan rawan banjir untuk memantau setiap perkembangannya," kata Kepala Seksi Logistik BPBD Kabupaten Bekasi, Yayan Suryana, di Cikarang, Selasa.

Menurut dia, posko tesebut berada di Kompleks Pemkab Bekasi di Kecamatan Cikarang Pusat, Perumahan Metland Kecamatan Cibitung, Kecamatan Tarumajaya, dan Kecamatan Muaragembong.

Menurut dia, laporan terkait perkembangan situasi di masing-masing lokasi akan dikirimkan ke media center pusat melalui radio komunikasi.

"Petugas kita siagakan setiap hari sampai situasi cuaca kembali normal. Segala kemungkinan yang terjadi di lokasi wajib dilaporkan segera ke media center," katanya.

Menurut dia, upaya pemantauan situasi itu dilakukan oleh petugas posko yang terdiri atas relawan, personel BPBD maupun BNPB, TNI dan Polri.

"Petugas akan bersiaga di posko dalam dua shift yang bergantian setiap 12 jamnya," katanya.

Laporan terakhir petugas menyebutkan situasi kawasan rawan banjir di lokasi itu masih relatif aman.

"Situasi di Kabupaten Bekasi masih kondusif dan Bendungan Katulampa dan Sungai Citarum masih berada di level aman," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015