Ini penting bahwa Jokowi harus berani mengambil risiko keluar dari bayang-bayang tekanan itu
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto menjabarkan dua hal yang bisa menyebabkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo turun.

"Pertama, bisa mengalami penurunan terkait isu strategis. Peran Jokowi terkait penegakan hukum sangat penting. Jika mampu meredam maka Jokowi bisa memperbaiki kepercayaan publik di awal pemerintahannya," kata Gun Gun Heryanto dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu.

Gun menjelaskan hal kedua yang bisa menurunkan kepercayaan adalah posisi Jokowi yang dianggap masih dibayang-bayangi orang atau sekelompok orang.  

"Ini penting bahwa Jokowi harus berani mengambil risiko keluar dari bayang-bayang tekanan itu," katanya.

Gun juga mengatakan kalangan masyarakat yang memiliki harapan tinggi atas kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo akan menjadi kalangan yang paling kecewa jika program tersebut gagal.

"Cepat rontoknya dukungan karena ekspektasi sangat tinggi," katanya.

Gun menganggap 100 hari masih terlalu dini untuk menilai sehingga ia meminta masyarakat memberikan kesempatan kepada presiden menunjukkan kinerjanya di tengah tekanan persoalan bangsa, tekanan media, ekspektasi masyarakat yang tinggi dan tekanan dari kelompok politik.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015