Jakarta (ANTARA News) - Situasi politik saat ini dinilai memengaruhi investasi bidang furnitur, di mana para calon investor mengharapkan stabilitas politik dan keamanan di Indonesia dapat terjaga, demikian disampaikan Ketua Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) Soenoto.

"Beberapa calon investor asing di bidang furnitur masih melihat kondisi politik di Indonesia. Mereka membutuhkan kepastian hukum dan keamanan," kata Soenoto saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Menurut Soenoto, dibutuhkan tiga hal untuk menarik investor asing agar berinvestasi di Indonesia, yakni ketersediaan infrastruktur, kepastian hukum dan jaminan keamanan.

"Jika tiga hal tersebut tersedia di Indonesia, maka saya yakin akan lebih banyak investor asing yang masuk. Bahkan, investor dalam negeri akan lebih optimis melakukan ekspansi," ujar Soenoto.

Soenoto menambahkan, Indonesia merupakan negara yang sangat menarik untuk berinvestasi, karena harga tanahnya masih murah, Sumber Daya Manusia (SDM) masih murah dan Sumber Daya Alam yang berlimpah.

Untuk itu, Soenoto berharap agar Presiden Joko Widodo mampu memastikan ketiga hal tersebut tersedia dan terjaga di Indonesia, sehingga iklim investasi semakin baik.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015