Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah mengeluarkan larangan mengimpor apel yang dikemas di Bidbart Bros, Bakersfield, California, salah satu perusahaan retail Indonesia Carrefour langsung menarik peredaran dari gerai mereka.

Dua jenis apel yang dimaksud, yakni Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros., Bakersfield, California, AS, dimana kedua jenis apel, yang biasa dijual dengan merek Grannys Best dan Big B, diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

"Kami baru menerima surat pemberitahuan dari pemerintah pada tanggal 26 Januari di sore hari, setelah itu kami langsung menarik apel Granny Smith dan Gala dari gerai kami," kata Satria Hamid Head of Public Affair Carrefour di Jakarta, Rabu, (28/1).

"Sebelumnya memang kami tidak pernah memasok apel dari California, kami mengimpor apel dari Washington," katanya lagi.

Satria Hamid juga mengatakan jika ada isu yang meresahkan masyarakat dan berhubungan dengan makanan, ada baiknya diinformsikan kepada retail-retail terlebih dahulu.

"Kalau ada isu yang membuat masyarakat resah, apalagi menyangkut soal makanan, ada baiknya pemerintah menginfokan penguasaha retail terlebih dahulu," katanya lagi.

Bakteri Listeria monocytogenes adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Orang sehat yang terinfeksi mungkin menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Infeksi listeria dapat menyebabkan keguguran pada perempuan hamil.

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015