... khan apel yang didatangkan dari California...
Semarang (ANTARA News) - Pusat perbelanjaan Hypermart menarik sebagian apel impor yaitu yang berjenis Granny Smith dan Royal Gala karena diduga mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

"Kami sudah menarik dua jenis apel ini sehari setelah munculnya berita itu," kata Manajer Toko Hypermart Cabang Paragon, Rahmad Hendrajaya, di Semarang, Kamis.

Meski demikian, sejauh ini pihaknya mengaku belum menerima surat resmi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah dan BPOM Jawa Tengah mengenai imbauan penarikan tersebut.

"Sebetulnya apel-apel impor khususnya dari Amerika Serikat berasal dari Washington, sementara yang dikatakan mengandung bakteri khan apel yang didatangkan dari California. Meski demikian kami tetap menarik dua jenis apel ini," katanya.

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan dengan tujuan agar masyarakat terutama pelanggan Hypermart tidak perlu khawatir saat membeli apel di pusat perbelanjaan tersebut.

Sementara itu, untuk jumlah apel yang ditarik dari penjualan sekitar 120 kg yaitu masing-masing 60 kg apel Granny Smith dan Royal Gala.

"Memang untuk penjualan dua jenis apel ini tidak memberikan kontribusi besar terhadap seluruh penjualan buah impor di tempat kami. Sekarang masyarakat justru lebih suka membeli apel Fuji yang didatangkan dari Tiongkok," katanya.

Menurutnya, jika dalam waktu satu bulan penjualan apel Granny Smith dan ROyal Gala masing-masing mencapai tiga karton atau 60 kg, untuk apel Fuji penjualannya bisa mencapai 30 karton dengan isi satu kartonnya mencapai 20 kg.

Sebelumnya, Pemerintah telah mengeluarkan larangan mengimpor apel yang dikemas di Bidbart Bros, Bakersfield, California.

Larangan tersebut menyusul kabar bahwa apel yang dikemas di daerah tersebut mengandung bakteri listeria monocytogenes yang dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Bagi orang sehat yang terinfeksi dikhawatirkan akan menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Selain itu, infeksi listeria dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil.

Pewarta: Aris Widiastuti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015