... berharap ini mampu merampingkan perizinan...
Batam, Kepulauan Riau (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake Jr, mengapresiasi pendirian Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pusat yang diinisiasi BKPM demi memberikan pelayanan terbaik sekaligus mempermudah perizinan investasi kepada penanam modal.

"Saya mengucapkan selamat untuk BKPM dan Presiden Joko Widodo untuk pelayanan satu pintu. Kami berharap ini mampu merampingkan perizinan," kata Blake Jr, di sela-sela kunjungannya di Batam Kepulauan Riau, Kamis.

Menurut dia, penerapan PTSP memberikan harapan, khususnya bagi penanam modal asal AS untuk menikmati perampingan dan kemudahan perizinan di Indonesia.

Sementara mengenai penerapan PTSP di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, menurut Duta Besar berjalan baik.

Penyederhanaan perizinan di Batam sangat membantu penanam modal dalam mengembangkan usahanya. Dan penerapan PTSP di KPBPB selayaknya bisa menjadi model dan dicontoh daerah lain di Indonesia.

Selain masalah perizinan, Blake Jr juga memuji dukungan insentif fiskal bagi penanam modal di Batam.

"Badan Pengusahaan Batam telah membuat model yang sangat baik, bukan cuma upaya merampingkan perizinan tapi juga dukungan insentif untuk pebisnis asing di Batam. Dua hal itu sangat membantu keyakinan investor," kata dia.

Blake Jr ada di Batam selama dua hari membicarakan peningkatan investasi negaranya di Kepulauan Riau. Selama di sana, dia mengunjungi fasilitas manufaktur instrumen penerbangan Honeywell Aerospace di Bintan dan alat berat Caterpilar.

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015