Makassar (ANTARA News) - Tim gabungan SAR di Sulawesi Barat pada Rabu membentuk posko untuk menyisir Selat Makassar mencari korban yang mungkin masih tercecer menyusul penemuan kursi pesawat yang diduga berasal dari AirAsia QZ8501.

"Sejak penemuan kursi pesawat dan benda-benda lainnya pada hari Rabu itu oleh nelayan, kemudian kita koordinasikan dengan Basarnas Pusat, lalu kita diperintahkan untuk membentuk posko pencarian di Sulbar," ujar ujar Kepala Basarnas Wilayah A Makassar, Roki Asikin, Kamis.

Dia mengatakan, pencarian jenazah korban AirAsia ini akan memfokuskan pada Selat Makassar yakni di Perairan Sendana, Kabupaten Majene, serta perairan lainnya di Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Roki menyatakan, terdamparnya jenazah itu ke Selat Makassar atau di Perairan Sendana, Kabupaten Majene karena angin sekarang ini berhembus ke arah barat.

"Ini musim barat dan dia bisa lepas dari ujung Kalimantan Selatan lalu naik ke utara. Jika angin barat ini terus berhembus bisa sampai tumpuannya ke Selayar (Sulsel)," katanya.

Dengan adanya penemuan jenazah ini, dirinya kemudian berkoordinasi dengan Basarnas pusat serta Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan untuk memfokuskan pencarian di Selat Makassar.

Setelah koordinasinya itu, pihak Polda Sulsel kemudian memerintahkan Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpoliar) serta Polres Majene, Sulbar untuk bersama-sama dengan Basarnas melakukan pencarian.

"Kita sudah ada tim Basarnas di Sulbar dan dengan penemuan ini, otomatis dibentuk posko bersama di Majene untuk mencari korban lainnya yang diduga tersapu ombak hingga ke Selat Makassar," jelasnya.

Sebelumnya, pesawat AirAsia QZ 8501 dinyatakan hilang kontak usai tinggal landas dari bandara Internsional Juanda Surabaya menuju ke Singapura pada Minggu (28/12).

Pesawat berpenumpang 155 orang tersebut dinyatakan hilang setelah melakukan penerbangan selama satu jam usai tinggal landas pukul 05.30 WIB.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015