Paris (ANTARA News) - Bos FIFA Joseph Blatter, Kamis, telah mengirimkan permohonan kekandidatan untuk kelimanya sebagai presiden lembaga pengelola sepak bola dunia.

"Hari ini (Kamis) adalah tanggal kunci pada kalender pemilihan FIFA. Saya telah menyampaikan pencalonan saya, kini komite pemilihan menindaklanjutinya dengan memprosenya," tulis lelaki asal Swiss berusia 78 tahun dalam akun Twitter-nya.

Tenggat waktu kepada para nomine untuk mengumumkan pencalonannya adalah Kamis tengah malam waktu Eropa Barat.

Blatter yang sudah berada di posisi ini sejak 1998, sudah mengisyaratkan hasratnya untuk mencalonkan diri pada masa jabatan berikutnya. Dia mendapatkan dukungan luas dari Asia, Afrika dan Oseania.

Dia akan bersaing dengan mantan gelandang timnas Portugal dan Real Madrid Luis Figo, bos asosiasi sepak bola Belanda Michael Van Praag, Wakil Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia Pangeran Ali bin Al Hussein, mantan eksekutif FIFA Jerome Champagne dan mantan gelandang timnas Prancis David Ginola.

"Saya tahu memang sangat sulit mengalahkan Blatter, tapi saya kira dunia sepak bola bersama saya," kata Ginola.

Calon bos FIFA mesti aktif dalam badan sepak bola selama dua tahun dari lima tahun terakhir dan dinominasikan oleh minimal lima asosiasi sepak bola dari 109 asosiasi sepak bola yang menjadi anggota FIFA.

Pemilihan Presiden FIFA akan diselenggarakan di Zurich pada 29 Mei, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015