Jakarta (ANTARA News) - PDIP menyambut baik dan memberikan apresiasi atas prakarsa Presiden Jokowi membangun silaturahmi dengan tokoh-tokoh politik seperti Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto pada hari ini di Istana Bogor.

"Pertemuan dua tokoh bangsa tersebut akan mencairkan suasana dan ketegangan politik yang muncul antara pemerintah dan parlemen, terutama terkait dengan dukungan Fraksi Gerindra di parlemen terhadap pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon Kapolri," kata Wakil Sekjen PDI Perjuangan, Ahmad Basarah, Jakarta, Kamis.

Anggota di Komisi III DPR RI, Fraksi Gerindra memberikan dukungan penuh terhadap pencalonan Budi Gunawan bahkan selalu mendesak agar presiden Jokowi segera melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri sesuai mekanisme ketatanegaraan yang berlaku.

Bahkan sebelumnya, Gerindra dan KMP sudah menyiapkan sejumlah hak interpelasi dan hak angket  kepada pemerintahan Jokowi. 

"Mudah-mudahan dengan pertemuan tersebut, apalagi degnan pernyataan Prabowo akan mendukung pemerintahan Jokowi akan semakin mencairkan hubungan antara pemerintah dan parlemen, juga antara fraksi-fraksi KIH dengan KMP," kata Basarah.

Katanya lagi, dalam dunia politik tidak ada yang pasti kecuali ketidakpastian itu sendiri.

"Namun pertemuan Presiden Jokowi dan Prabowo akan mencairkan suasana politik yang kurang kondusif sebagai akibat dampak pilpres 2014 yg lalu," demikian Basarah.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015