Mataram (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo untuk menuntaskan kisruh antara KPK dan Polri, termasuk nasib calon kapolri Budi Gunawan.

"Jadi ini kesempatan emas bagi Presiden Joko Widodo untuk bisa menyelesaikan masalah ini," kata Agus Hermato di Mataram, Jumat.

Menurutnya, sebagai seorang kepala negara dan kepala pemerintahan, Presiden Jokowi memiliki kapasitas untuk segera memutuskan dan menyelesaian kisruh antara KPK dan Polri. Bahkan, soal nasib calon kapolri Budi Gunawan.

"Karena apa, dia (Jokowi) memiliki kekuatan dan mendapat legitimasi serta dukungan rakyat," ujarnya.

Meski demikian, kata politisi Partai Demokrat ini, kedua institusi baik KPK maupun Polri harus sama-sama bisa diselamatkan. Jangan hanya salah satu institusi yang di utamakan atau dimenangkan karena keduanya merupakan intitusi terpenting di republik ini.

"Jadi kedua-duanya harus dikuatkan dan diselamatkan. KPK sebagai institusi untuk pemberantasan korupsi, Polri sebagai institusi penegakan hukum," tegasnya.

Oleh karena itu, katanya, DPR berharap Presiden Jokowi dapat menyelesaikan kisruh kedua lembaga penegakan hukum di Indonesia itu sehingga tidak terus berlarut-larut menjadi bola liar.

"Mari kita menyerahkan semua keputusan ini kepada Presiden Jokowi sebagai pemegang mandat tertinggi. Kami akan mendukung penuh soal itu," ujarnya.

Untuk itu, sebagai wakil rakyat di DPR, Agus berharap masyarakat bisa bersabar sekaligus memberikan kesempatan kepada Presiden Jokowi untuk dapat segera menyelesaikan kisruh KPK dan Polri.

"Kita semua berharap ini segera dapat diakhiri, sehingga kepercayaan publik terhadap pemerintahan Jokowi bisa kembali pulih," katanya.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015