Meskipun demikian yang menjadi penentu keputusan adalah sang presiden seorang"
Solo (ANTARA News) - Seorang sahabat karib Presiden Joko Widodo mengatakan akan lebih bagus jika Presiden merangku semua negarawan, tidah hanya Prabowo Subianto dan mantan Presiden BJ Habibie, karena langkah itu sangat penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini.

"Jokowi merangkul Prabowo yang sebelumnya menjadi lawan politik pada pemilihan presiden lalu itu tidak salah, begitu juga untuk BJ Habibie, dan akan lebih bagus kalau semua negarawan yang ada itu dirangkul," kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang juga sahabat Presiden Jokowi, di Solo, Jumat.

Ia mengatakan langkah-langkah Jokowi seperti ini perlu terus dibangun dan jangan hanya dilakukan untuk saat ini saja, kata pria yang akrab dipanggil Rudy ini.

Menurutnya merangkul tokoh-tokoh itu cukup penting, mengingat Jokowi adalah Presiden, sehingga akan lebih baik jika seluruh warga yang yang berniat membangun negara juga dirangkul Presiden.

"Meskipun demikian yang menjadi penentu keputusan adalah sang presiden seorang tanpa adanya tekanan dari pihak mana pun," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta ini.

Rudy menolak keras anggapan masyarakat bahwa digandengnya Prabowo karena ada perpecahan pada tubuh PDIP, sebaliknya partainya ini masih solid dan tidak pecah yang mengakibatkan Jokowi meminta dukungan dari lawan politiknya.

"Karena beliau adalah seorang presiden sehingga semua pihak harus dirangkul," kata sang sahabat.

Rudy sudah pernah meminta Jokowi untuk segera lepas dari bayang-bayang partai politik dan meminta Jokowi untuk tidak takut kehilangan dukungan partai pengusung karena Jokowi didukung penuh oleh rakyat.




Pewarta: Joko Widodo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015