Tokyo (ANTARA News) - Toyota menyatakan akan kembali bertarung pada Kejuaraan Reli Dunia pada 2017 setelah hampir dua dekade menarik diri dari event olah raga motor tersebut.

Produsen otomotif paling laris di dunia itu berencana menggunakan hatchback "Yaris" yang di Jepang disebut "Vitz", sebagai kendaraan relinya untuk kejuaraan bergengsi itu.

"Marilah kita kembali ke jalanan WRC (Kejuaraan Reli Dunia)," kata Presiden Toyota Akio Toyoda dalam jumpa pers yang mengungkapkan kendaraan uji itu di Tokyo.

Toyota sudah mengikuti 43 reli WRC dan tiga kali juara sebelum menarik diri dari seri itu pada 1999.

"Menantikan partisipasi kami, kami ingin mendorong persiapan satu demi satu," kata Toyoda yang dia sendiri kerap berpartisipasi dalam ajang balap mobil, seperti dikutip AFP.

Para produsen otomotif Jepang mulai ikut serta lagi pada kejuaraan-kejuaraan otomotif setelah menarik diri dengan alasan berhemat menyusul lesunya industri otomotif pada akhir 2000-an.

Honda bahkan sudah menyatakan kembali ke Formula Satu tahun ini sebagai pemasok mesin untuk tim McLaren Inggris setelah sempat menarik diri pada 2008.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015