Kiev (ANTARA News) - Duabelas orang, termasuk tujuh warga, tewas dalam 24 jam belakangan akibat baku tembak pasukan pemerintah dengan pemberontak di Ukraina timur, kata pejabat, Jumat.

Pemerintah kota Donetsk, pangkalan pemberontak, mengatakan 23 orang juga cedera dalam bakutembak di provinsi industri itu.

Militer Kiev mengatakan 23 tentara cedera dalam perang yang telah menewaskan 5.100 orang dalam sembilan bulan itu.

Pertempuran terbaru itu berpusat di sekitar kota yang dikuasai pemerintah Debaltseve, yang adalah satu persimpangan jalur kereta api penting yang menghubungkan dua pusat regional dari provinsi-provinsi separatis Lugansk dan Donetsk.

Kepala pasukan kementerian dalam negeri Donetsk yang pro-Kiev mengatakan pasukan pemerintah masih menguasai kota berpenduduk 25.000 jiwa itu Jumat pagi.

Tetapi pemimpin kelompok separatis Donetsk Andrei Purgin kepada kantor berita Interfax mengatakan bahwa pasukan Rusia "terkepung" dan tidak dapat menerima pasokan baru atau mengirim mereka yang cedera untuk perawatan di rumah-rumah sakit daerah.

Purgin juga menawarkan untuk membuka satu "koridor kemanusiaan" bagi pasukan Ukraina yang menyerahkan senjata-senjata mereka.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015