Batam (ANTARA News) - Grup penyanyi dangdut Trio Macan dan Duo Sabun Colek akan memeriahkan gerak jalan santai Napak Tilas Raja Ali Kelana pada 1 Februari 2015 yang akan digelar di Batam dan Tanjungpinang sebagai pembuka rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN).

"Trio Macan akan menghibur perserta di Tanjungpinang, sementara Duo Sabun Colek akan tampil di Batam. Kegatan akan dilaksanakan serentak Minggu (1/1) pagi," kata Ketua PWI Kepri, Ramon Damora di Batam, Jumat.

Ia mengatakan, di Tanjungpinang, gerak jalan akan dilaksanakan dari Tugu Pensil menuju lapangan Dewa Ruci berjarak sekitar satu kilometer.

Sementara di Batam, kegiatan gerak jalan akan dimulai dari Dataran Engku Putri Batam Centre menuju Bundaran Madani dan kembali ke Engku Putri melewati Bundaran Otorita Batam berjarak sekitar dua kilometer.

"Sejauh ini antusiasme masyarakat Batam untuk ambil bagian dalam gerak jalan santai tersebut sangat tinggi. Sampai-sampai kantor-kantor koran harian diserbu warga yang ingin minta kupon yang sebenarnya bisa diperoleh pada koran terbitan Batam," kata dia.

Selain dihibur oleh dua artis tersebut, panitia menyiapkan 11 motor, empat paket umroh dan sejumlah peralatan elektronik sebagai hadiah bagi peserta yang memiliki kupon.

"Untuk di Batam, akan diundi 6 motor dan dua paket umroh serta berbagai barang elektronik lain senilai ratusan juta rupiah. Sementara untuk di Tanjungpinang akan diundi 5 motor, dua paket umroh, dan hadiah hiburan lain," kata dia.

Kegiatan gerak jalan santai di Batam, kata Ramon, akan dihadiri Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Ketua BP Batam Mustofa Widjaja, Wakil Wali Kota Batam Rudi, Sekjen PWI Pusat. Sementara di Tanjungpinang akan dibuka oleh Gubernur Kepri Muhammad Sani bersama sejumlah jajaran pejabat tingkat provinsi.

"Saat puncak HPN 2015 pada 9 Februari, PWI pusat akan memberikan anugerah pada Raja Ali Kelana sebagai Bapak Perintis Jurnalisme Nusantara," kata dia.

Gerak Jalan Napak Tilas Raja Haji Kelana merupakan agenda pembuka HPN yang akan dilaksanakan di Kota Batam dan Tanjungpinang pada 1-10 Februari 2015.

Kegiatan HPN rencanannya akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada 6 Februari dan Presiden Joko Widodo pada 9 Februari yang menjadi hari puncak kegiatan tahunan tersebut.

Pewarta: Larno
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015