Semarang (ANTARA News) - Buku "100 Tokoh Jawa Tengah" yang berisi tentang profil tokoh-tokoh berpengaruh di provinsi ini diluncurkan di Semarang, Jumat malam.

Buku setebal 420 halaman itu berisi profil 100 tokoh di Jateng yang berpengaruh dari berbagai latar belakang, mulai seniman, politikus, akademisi, pebisnis, pejabat publik, militer, hingga ulama.

Peluncuran buku yang diprakarsai tokoh Jateng yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal provinsi ini, Bambang Sadono itu, didukung penuh Sekretariat Jenderal (Setjen) DPD RI.

Menurut Bambang Sadono, pemrakarsa buku terbitan PT Citra Almamater Baru tersebut adalah para tokoh yang diangkat profilnya dalam buku ini.

Buku itu diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para generasi muda. "Contoh atau teladan dari para tokoh sukses di Jateng, bagaimana perjuangan mereka yang umumnya dimulai dari bawah diuraikan secara detail dalam buku itu. Ini bisa diteladani," katanya.

Penerbitan buku ini, kata dia, sejalan dengan tugas, pokok, dan fungsi DPD RI sebagai bagian penting untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan memberikan motivasi melalui penerbitan buku itu.

Sekretaris Jenderal DPD RI Prof Sudarsono Hardjosoekarto menyambut baik penerbitan buku yang diharapkan menjadi inspirasi bagi masyarakat, utamanya generasi muda yang ada di Jateng.

"Bagaimana para tokoh berkiprah di bidang profesi dan jabatannya masing-masing. DPD kan berkewajiban menyalurkan aspirasi masyarakat di daerah-daerah. Salah satunya lewat buku ini," katanya.

Sudarsono menilai buku itu memiliki peranan penting untuk membantu mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik dengan inspirasi yang diberikan sehingga Setjen DPD RI jelas sangat mendukung.

Sementara itu, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof M. Nasir yang hadir pada peluncuran buku itu sangat mengapresiasi buku yang bisa memberikan pembelajaran penting bagi warga Jateng.

"Saya menyambut baik. Buku ini bisa memberikan pembelajaran penting bahwa di Jateng ada yang menjadi orang sukses. Memberikan sumbangsih yang besar terhadap perkembangan negeri ini," katanya.

Nasir yang juga termasuk dalam 100 tokoh berpengaruh di Jateng versi buku itu mengatakan buku itu bisa memberikan inspirasi bagi generasi muda di provinsi itu untuk meneladani para tokoh.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015