... silahkan mendaftar dan menyetor uang pendaftaran sebesar yang ditentukan...
Makassar (ANTARA News) - Berapa "mahar politik" bagi calon bupati yang ingin maju ke pilkada? Partai Hati Nurani Rakyat di Sulawesi Selatan menetapkan "mahar politik"menetapkan itu secara bervariasi.

"Semua DPC Hanura yang akan menggelar pilkada sudah mulai membuka pendaftaran dan mahar politiknya bervariasi di setiap daerah," ujar Ketua DPD Hanura Sulawesi Selatan, Ambo Dalle, di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, mahar politik yang ditetapkan setiap DPC Hanura itu bervariasi, ada yang mematok Rp5 juta dan ada juga DPC yang mematok sampai Rp10 juta. Angka itu disebutnya realistis dan tidak terlalu besar.

"Bagi calon yang mau maju dengan menggunakan Partai Hanura sebagai kendaraan politiknya, silahkan mendaftar dan menyetor uang pendaftaran sebesar yang ditentukan," katanya.

Sementara Pengurus DPD I Partai Demokrat Sulawesi Selatan, Selle KS Dalle, mengungkapkan, Partai Demokrat sangat mengharamkan mahar politik di pilkada. Meski kata dia, untuk mengendarai partai ini dikenakan uang pendaftaran maksimal Rp5 juta percalon.

"Kami sudah instruksikan kepada DPC Demokrat agar mematok uang pendaftaran maksinal Rp5 juta. Tidak boleh lebih," ujar dia.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015