... mereka akan diusir dari negara kita dan dilarang kembali ke Ukraina selama tiga tahun...
Kiev, Ukraina (ANTARA News) - Dua wartawan televisi Rusia yang bekerja untuk saluran pro-Kremlin, Life News,  telah ditangkap di Ukraina dan akan diusir, kata Juru Bicara Dinas Keamanan Ukraina (SBU), Markiyan Lubkivskiy, Jumat.

"SBU menahan dua warga Rusia yang bekerja sebagai wartawan untuk Life News. Izin tinggal mereka telah dibatalkan dan mereka akan diusir dari negara kita dan dilarang kembali ke Ukraina selama tiga tahun,"
kata Lubkivskiy, di halaman Facebook-nya.

"Warga Rusia ini bekerja tidak ada hubungannya dengan jurnalisme dan merugikan keamanan dan kepentingan Ukraina," tulisnya.

Life News mengatakan, dua wartawannya, Yelizaveta Khramtsova dan Natalia Kalysheva, telah ditangkap dengan dalih palsu karena telah memfilmkan markas keamanan Ukraina di Kiev.

Pasukan Ukraina menangkap dua wartawan lain Life News di sebelah timur negara itu Mei, yang membuat kemarahan Moskow, yang dituduh mendukung pemberontakan separatis dalam konflik berdarah di Ukraina timur.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberikan Oleg Sidyakin dan Marat Saichenko medali setelah pembebasan mereka sepekan kemudian.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015