Washington (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry akan bertolak ke Ukraina pekan depan untuk menggarisbawahi dukungan Washington terhadap Negara-Negara yang menghadapi serangan oleh pemberontak pro-Rusia.

Departemen Luar Negeri mengatakan Jumat bahwa Kerry akan tiba di Kiev pada 5 Februari dan bertemu dengan Presiden Ukraina Petro Poroshenko, Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk dan Menteri Luar Negeri Pavlo Klimkin.

Juru bicara Jen Psaki mengatakan kepada wartawan, bahwa pembicaraan akan berkaitan dengan "bagaimana kita dapat bekerja sama untuk menenangkan situasi di lapangan."

Amerika Serikat telah menuduh pemerintah Presiden Rusia Vladimir Putin mengobarkan dan mempertahankan pemberontakan di Ukraina timur yang telah menjerumuskan negara bekas republik Soviet itu ke dalam konflik.

Washington dan Uni Eropa telah memberlakukan dan meningkatkan berbagai sanksi keuangan terhadap para pejabat, individu, perusahaan dan lembaga-lembaga di Rusia, namun Moskow tidak mundur.

"Kunjungan menlu akan menyoroti dukungan teguh Amerika Serikat
untuk Ukraina dan rakyatnya," kata kantornya.

Setelah kunjungannya ke Kiev, Kerry akan melakukan perjalanan ke Jerman untuk menghadiri Konferensi Keamanan Munich, satu acara internasional tahunan untuk para pejabat senior dan ahli, antara 6-8 Februari.

Sementara di Munich, Psaki mengatakan, Kerry akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Tetapi dia membantah laporan-laporan media Rusia bahwa ia juga akan melakukan perjalanan
ke Moskow.

Sebelumnya, harian Kommersant mengatakan Kerry akan bertemu Lavrov di Rusia pada 4-5 Februari.

Psaki mengatakan hal ini tidak terjadi, tetapi juga mengatakan hal itu harus tidak dilihat sebagai perubahan rencana.

Dia mengatakan akan "sulit untuk membatalkan perjalanan yang tidak sepenuhnya terjadwal."

(Uu.H-AK)


Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015