Jakarta (ANTARA News) - Food blogger di Indonesia diakui belum semaju di negeri tetangga seperti Singapura. Namun, ada secercah harapan bahwa food blogger di Tanah Air akan "naik kelas", dari sekadar hobi menjadi sebuah profesi.

"Di Singapura, para food blogger diapresiasi, misalnya oleh media setempat, di sini belum seperti itu," kata Hans Danial, pemilik blog eatandtreats.blogspot.com, pada Antara News di Jakarta, Sabtu.

Hans adalah salah satu dari food blogger Indonesia sukses dengan hits blog yang mencapai angka sejuta dalam kurun 1,5 tahun. Kepopulerannya membuat ia kerap diajak bekerjasama oleh berbagai brand terkemuka untuk berpromosi.

Meskipun demikian, pria yang blognya dibaca sekitar 10.000 kali per hari itu optimistis semakin banyak food blogger Indonesia akan semakin diapresiasi masyarakat.

"Mungkin dalam setahun mendatang," ujar Hans yang memiliki puluhan ribu pengikut di instagram.

Sementara itu, Ian Eryanto Wongso, penulis blog lyonandmia.com sekaligus co-founder situs JKTgo.com juga berpendapat food blogger Indonesia tidak lagi dipandang sebelah mata.

"Dibandingkan tahun lalu, food blogger sudah semakin dianggap," ujarnya.

Gaya tulisan blogger yang lebih luwes dan bebas dalam mengulas makanan adalah salah satu faktor di balik fenomena tersebut, kata Ian.

"Opininya lebih personal," imbuh dia.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015