Ocala, Florida (ANTARA News) - Lydia Ko yang berusia 17 tahun dari Selandia Baru menjadi pegolf nomor satu dunia termuda setelah dia mampu menempati posisi "ties" kedua di turnamen LPGA musim pembukaan Coates Golf Championship di Ocala, Florida, Sabtu waktu setempat.

Sebelumnya rekor pegolf nomor satu dunia termuda ditempati pegolf AS Tiger Woods pada 1997 ketika itu dia berusia 21 tahun, dan Shin Ji-yai memegang gelar putri pada 2010 saat berusia 22 tahun.

Ko yang kelahiran Korsel, pada turnamen LPGA tersebut sempat memimpin empat pukulan pada putaran terakhir, namun dia merosot karena terkena double bogey enam di permainan lubang ke-17 sehingga dia harus puas berada di posisi skor kedua dibelakang pegolf Korsel Choi Na-yeon.

Namun hasil itu cukup untuk mengangkatnya mengungguli pegolf Korsel lainnya Inbee Park di urutan peringkat dunia.

"Ini luar biasa," kata Ko yang juga sempat mengakhiri musim 2014 dengan memenangi CME Titleholders pada November dan dia berhak meraih hadiah utama 1 juta dolar AS.

Ko yang menjadi pegolf amatir pada 2012 saat berusia 15 tahun dan menjadi pegolf termuda yang memenangi tur, mencetak total pukulan 273 pukulan atau 15 di bawah par dan berada di posisi bersama kedua dengan pegolf AS Jessica Korda dan Jang Ha-na dari Korsel.
(A020/A020)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015