...untuk mendorong terciptanya sektor jasa keuangan dalam meningkatkan kegiatan perekonomian...

Yogyakarta (ANTARA News) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan kantor perwakilan baru di Daerah Istimewa Yogyakarta, di Jalan Ipda Tut Harsono, Yogyakarta, Senin.

Persemian gedung kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliman D Hadad dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Keberadaan OJK harus bisa memenuhi harapan masyarakat, yakni untuk mendorong terciptanya sektor jasa keuangan dalam meningkatkan kegiatan perekonomian termasuk peningkatan akses keuangan dan kemandirian finansial masyarakat," kata Muliaman.

Selain itu, menurut dia dengan adanya kantor perwakilan di daerah, diharapkan OJK lebih mampu mewujudkan sektor jasa keuangan yang berdaya tahan tinggi untuk mendukung stabilitas perekonomian dan pembangunan berkelanjutan di daerah.

"Diharapkan juga mampu mendukung upaya peningkatan pemerataan pembangunan," kata Muliaman.

Kendati demikian, ia berharap, kerjasama kantor OJK di daerah dengan Bank Indonesia (BI) dan Pemerintah DIY perlu terus dipererat untuk menggerakkan dan lebih memajukan ekonomi daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Sementara itu, Kepala Kantor OJK DIY, Dani Surya Sinaga juga mengharapkan dukungan dari Pemda DIY serta berbagai pihak untuk membantu OJK mewujudkan penyelenggaraan sektor jasa keuangan yang baik di daerah.

Dani mengatakan, kerjasama dengan Pemda di daerah sangat terkait erat dengan amanat Undang-Undang (UU) nomor 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM), yang memberikan mandat kepada OJK untuk melaksanakan pembinaan, pengaturan, dan pengawasan LKM di seluruh penjuru Tanah Air mulai 2015.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyambut baik dengan adanya pembangunan gedung baru OJK di DIY. Dia berharap pembangunan gedung baru, dapat dibarengi dengan peningkatan kinerjanya dalam melakukan pengawasan sektor jasa keuangan di daerah ini. "Peningkatan fisik harus didukung dengan peningkatan kinerja OJK di DIY," kata Sultan.



Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015