Jakarta (ANTARA News) - Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama resmi membentuk Panitia Kerja (Panja) Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) yang salah satu targetnya menurunkan biaya haji.

"Target kami meningkatkan kualitas pelayanan haji, berusaha mempertanyakan atau menurunkan biaya haji, begitu juga berusaha mengurangi hari pelaksanaan haji," kata Ketua Panja BPIH Sodik Mudjahid di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

Panja BPIH, kata Sodik telah merancang agenda untuk menghimpun informasi menyangkut penyelengaraan haji seperti biaya pemondokan, catering, dan transportasi di tanah suci.

"Panja juga akan memburu persoalan mafia haji untuk mengantisipasi tidak terjadi kasus penipuan di masyarakat," kata Sodik

Dia mengatakan, informasi seputar itu akan digali dari berbagai sumber seperti dari mantan Dirjen Haji, Komisi Pengawas Haji, dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Panja BIPH juga akan meminta masukan dari PT Pertamina, Angkasa Pura, Maskapai Garuda Indonesia, Saudi Arabian Airlines, Perbangkan terkait haji, forum haji, KBIH, dan Himpuh Layani Jasa Asuransi.

"Tentu ini pekerjaan tidak ringan mohon dukungan dari semua pihak terkait haji utamanya para calon jamaah haji. Atas dasar berbagai masukan nantinya akan kami bahas dengan Kementerian Agama hingga menetapkan BPIH untuk diajukan kepada Presiden," pungkas politisi Gerindra ini.





Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015