Jakarta (ANTARA News) - Produsen perangkat telekomunikasi asal Tiongkok, Huawei Technologies Ltd mengumumkan bahwa kinerja keuangan Grup Bisnis Perangkat Konsumen Huawei (Huawei Consumer BG) pada 2014 mencatat pendapatan 12,2 miliar dolar AS atau 30 persen lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Prestasi ini dicapai karena Huawei berkonsentrasi pada produk premium kelas menengah ke atas.

"Strategi kami yang fokus pada produk premium kelas menengah ke atas telah menghasilkan prestasi signifikan di tahun 2014 termasuk di beberapa bidang seperti penelitian dan pengembangan produk, kepekaan merek, pengembangan saluran serta pertumbuhan pangsa pasar yang diperkuat dengan posisi kami sebagai peringkat tiga dalam pasar ponsel pintar global," kata CEO Huawei Consumer BG Richard Yu dalam siaran persnya, hari ini.

Ini pertama kali pendapatan Huawei melampaui 10 miliar dolar AS, dengan pertumbuhan pengiriman produk 7,8 persen atau 138 juta perangkat pada 2014 yang 75 juta di antaranya golongan ponsel pintar yang naik 45 persen dari tahun ke tahun.

Sepanjang 2014 tercatat kontribusi pengiriman ponsel pintar kelas premium  Huawei naik 18 persen, dengan Ascend P7 sebagai salah satu produk unggulan yang pengiriman globalnya mencapai empat juta unit dalam enam bulan sejak diluncurkan pada Mei di Paris.

Sambutan positif juga didapatkan Ascend Mate 7, terutama dari kalangan bisnis eksekutif yang terlihat dari pengiriman lebih dari dua juta unit dalam kurun waktu tiga bulan sejak diluncurkan September 2014 lalu.

Untuk tahun ini, Huawei Technologies Ltd, menargetkan pendapatan 56 miliar dolar AS atau 20 persen lebih besar dibandingkan pendapatan tahun lalu sebesar 46,5 miliar dolar AS, dengan laba usaha bersih sekira 5,5 miliar dolar AS atau tingkat laba usaha sekira 12 persen.



Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015