Jakarta (ANTARA News) - Produsen perangkat telekomunikasi asal Tiongkok, Huawei Technologies Ltd, mengklaim strategi dual merek yang mereka lakukan sejak tahun 2014 lalu telah menciptakan sinergi terutama untuk brand awareness atau kepekaan merek.

Merek Honor dinilai segera memperlihatkan kinerja yang solid sejak diresmikan Huawei pada 2014 lalu, demikian keterangan pers yang diterima ANTARA News di Jakarta, Senin.

"Strategi dual merek Huawei dan Honor terbukti sangat sukses menciptakan sinergi dalam meningkatkan brand awareness dan pangsa pasar Huawei Consumer BG secara keseluruhan.

"Merek Huawei mengkonsolidasikan posisinya dalam ponsel pintar kelas menengah ke atas, sementara merek Honor memantapkan diri sebagai merek kuat dan populer di kalangan konsumen digital," kata Wakil Presiden Pemasaran Huawei Consumer BG Shao Yang.

Sepanjang 2014, merek Honor telah membukukan pengiriman perangkat mencapai 20 juta unit dengan rincian seri Honor 3C lebih dari delapan juta unit, seri Honor 3X lebih dari empat juta unit dan Honor 6 melebihi tiga juta unit.

Sedikitnya 60 negara di seluruh dunia telah merasakan kehadiran merek Honor hingga akhir 2014.

Sedangkan untuk merek Huawei, sebagaimana fokus perusahaan untuk melakukan penestrasi serius ke ponsel pintar kelas menengah ke atas, sejumlah seri baru yang diperkenalkan pada 2014 lalu telah mendorong peningkatan pengiriman perangkat sebesar 18 persen.

Seri Ascend P7 membukukan pengiriman global sebanyak empat juta unit hanya dalam waktu enam bulan sejak diluncurkan di Paris, Mei 2014, sedangkan Ascend Mate 7 sebanyak dua juta unit hanya dalam kurun waktu tiga bulan sejak diluncurkan pada September 2014.

Oleh karena itu, memasuki tahun 2015, Huawei bertekad melanjutkan momentum positif dengan memanfaatkan peluang di ranah internet of things dan car networking atau perangkat terhubung internet dan jaringan mobil.

Mereka juga akan mewujudkan terobosan di berbagai bidang bisnis termasuk produk, merek, pemasaran, saluran, ritel dan e-commerce.

Huawei akan fokus dalam pemasaran produk merek unggulan untuk membangun citra merek sebagai simbol inovasi dan produk berkualitas melalui produk kelas menengah ke atas, sedangkan merek Honor akan berkonsentrasi pada bisnis internet dan mereplikasi model bisnis online yang sukses ke pasar luar negeri.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015