Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah berencana memperkenalkan konsep satu kota-satu pabrik sebagai upaya pengembangan ekonomi kota-kota di seluruh Indonesia, kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil di Istana Negara, Selasa.

"Intinya bagaimana pemerintah menjadi inisiator untuk mendorong investor berinvestasi ke kota-kota lain. Pemerintah beri insentif dan dukungan. Ekonomi akan berkembang di satu kota jika ada industri di sana," kata Sofyan usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan konsultasi dengan Direktur Utama pengelola kawasan industri PT Jababeka, Tbk Setyono Djuandi Darmono.

Sofyan mengatakan konsep satu kota-satu pabrik selain bisa mengembangkan ekonomi di kota-kota Indonesia juga bisa membantu meringankan beban investor dalam hal ongkos produksi dan upah buruh yang semakin mahal di Jakarta dan sekitarnya.

Sementara itu Direktur Utama kawasan industri PT Jababeka, Tbk Setyono Djuandi Darmono mengusulkan agar pabrik-pabrik yang sukses beroperasi disekitar Jabotabek diimbau untuk pindah keluar daerah dan diberi insentif sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Hal ini dilakukan supaya bisa tumbuh kawasan industri di kota-kota lain di Indonesia sekaligus mengurangi beban di Jabotabek," kata Darmono.

Namun dia mengingatkan insentif dari pemerintah harusnya disesuaikan dengan daerah tujuan investasi dan kebutuhan investor sendiri. Darmono juga mengingatkan pemerintah untuk mengatasi hambatan di sektor kepastian hukum, pembebasan lahan dan sumber daya manusia yang layak.

(A051)

Pewarta: Amie Fenia Arimbi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015