Jakarta (ANTARA News) - Bursa transfer pemain bulan Januari 2015 resmi ditutup dan sejumlah klub berhasil mendapatkan pemain incarannya demi memperkuat skuatnya mengarungi liga hingga akhir musim kompetisi.

Aktivitas transfer Liga Utama Inggris masih didominasi dua klub kaya, Chelsea merekrut penyerang sayap asal Kolombia Juan Cuadrado sementara Manchester City mendatangkan pencetak gol terbanyak liga Inggris tahun 2014 Wilfried Bony.

Selain itu, sejumlah klub berani membayar mahal demi mendapatkan tanda tangan pemain incarannya. Namun apakah harga mahal pemain tersebut sebanding dengan penampilan yang akan disajikan atau mereka yang dibanderol harga mahal hanya menjadi penghangat bangku cadangan mengingat Chelsea dan Manchester City dihuni deretan pemain top Eropa.

Berikut 10 transfer pesepakbola termahal pada bursa transfer Januai 2015 seperti dilansir skysports:

1) Wilfried Bony (Manchester City 28 juta pound)

Manchester City ingin meningkatkan daya gedor skuatnya dengan merekrut pencetak gol terbanyak Liga Premier Inggris 2014, Wilfried Bony, seharga 28 juta pound.

Kendati saat ini Bony masih bertarung di Piala Afrika namun penyerang timnas Pantai Gading tersebut sudah mendapatkan pujian dari pelatih City Manuel Pellegrini atas bakat, kecerdasan dan kekuatannya di lapangan hijau.

2) Juan Cuadrado - (Chelsea 27 juta pound)

Chelsea berhasil merekrut pemain sayap timnas Kolombia Juan Cuadrado dari Fiorentina dengan nominal 27 juta pound.
 
Cuadrado dinilai akan membuat serangan The Blues lebih sangar, bahkan komentator SkySports Thierry Henry mengatakan, "Dia bisa mengalahkan siapa saja, kapan saja dan dia seorang pemain sayap yang tepat".

3) Andre Schurrle - (Wolfsburg 22 juta pound)

Chelsea harus melego Andre Schurrle ke Wolfburg seharga 22 juta pound untuk menambal dana yang dibutuhkan klub untuk mendatangkan Cuadrado.

Pemain timnas Jerman tersebut sebenarnya tampil baik selama bermain di Stamford Bridge namun ia tidak mampu bersaing dengan sederat pemain bintang di Chelsea.

4) Enzo Perez - (Valencia 20 juta pound)

Kendati nama Enzo Perez kerap disebut akan berseragam Manchester United namun Benfica memilih untuk melepas gelandangnya ke Valencia seharga 20 juta pound.

Gelandang timnas Argentina berusia 28 tahun tersebut sejauh ini sudah diandalkan Valencia karena sudah bermain empat laga di bulan Januari.

5) Gabriel Paulista - (Arsenal 14 juta pound)

Gabriel Paulista merupakan bek yang telah lama diincar Arsene Wenger sehingga Arsenal rela mengeluarkan dana 14 juta pound supaya bek Brasil tersebut pindah dari Villarreal.

"Dia benar-benar seorang bek yang bagus dalam bertahan," kata Arsene Wenger setelah mendapatkan bek itu dari Villarreal.

6) Bernardo Silva - (AS Monaco 12 juta pound)

Setelah menghabiskan setengah musim sebagai pemain pinjaman, Bernardo Silva akhirnya dipermanenkan oleh AS Monaco dengan kontrak berdurasi empat setengah tahun.

Gelandang serang 20 tahun itu telah menyumbang tiga gol dan diharapkan mampu membantu AS Monaco mengalahkan Arsenal di Liga Champions pada akhir Februari ini.

7) Lucas Silva - (Real Madrid 11,5 juta pound)

Kiprah Lucas Silva yang membantu Cruzeiro memenangi liga Brasil membuat Real Madrid tidak segan untuk merekrutnya dengan biaya 11,5 juta pound.

Selain itu, juru taktik Real Madrid Carlo Ancelotti sudah memberikan pujian dengan menyebut Lucas sebagai pemain bertahan dengan tembakan dan umpan yang sangat baik.

8) Seydou Doumbia - (AS Roma 10,8 juta pound)

Setelah dikaitkan dengan sejumlah klub terkemuka Eropa selama beberapa tahun terakhir, Doumbia akhirnya meninggakan CSKA Moscow untuk berseragam klub Serigala Roma.

Kendati Doumbia belum bisa memperkuat Roma karena masih bersama skuad Pantai Gading di Piala Afrika namun klub ibukota Italia berharap pemain anyarnya bisa membuktikan ketajamannya ketika tiba di Italia.

9) Ryan Bertrand - (Southampton 10 juta euro)

Southampton berhasil mendapatkan bek kiri timnas Inggris milik Chelsea dengan kontrak permanen dengan harga mencapai 10 juta pound.

Bertrand melakukan debutnya bersama Chelsea di laga final Liga Champions melawan Bayern Munchen pada 2012.

10) Manolo Gabbiadini - (Napoli  9,75 juta pound)


Penampilan cemerlang Manolo Gabbiadini yang mampu membukukan delapan gol dalam 14 laga bersama Sampdoria membuat pelatih Napoli Rafa Benitez berminat untuk merekrutnya dengan biaya 9,75 juta pound.

Penyerang 23 tahun tersebut juga telah dua kali membela tim nasional Italia setelah tampil mengesankan bersama tim U-21 dengan rata-rata satu gol di setiap pertandingan yang dimainkan.

Penerjemah:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015