Bidang ekonomi akan ditangani saya, Rusdi Kirana, Ian dan Suharso Monoarfa,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sri Adiningsih menyebutkan dirinya, Rusdi Kirana, Ian Darmadi dan Suharso Monoarfa akan menangani bidang ekonomi di lembaga yang bertugas memberikan pertimbangan dan nasihat kepada presiden, baik diminta maupun tidak.

"Bidang ekonomi akan ditangani saya, Rusdi Kirana, Ian dan Suharso Monoarfa," kata Sri Adiningsih, usai acara serah terima jabatan Wantimpres periode 2010-2014 kepada Wantimpres 2015-2019 di Kantor Wantimpres Jakarta, Selasa.

Ia menyebutkan Anggota Wantimpres 2015-2019 terdiri dari Sidharto Danusubroto, Ian Darmadi, Subagyo HS, M Jusuf Kartanegara, A Malik Fajar, Suharso Monoarfa, Rusdi Kirana dan Hazim Muzadi.

Adiningsih menyebutkan selain bidang ekonomi, bidang lain di Wantimpres adalah politik, pertahanan dan keamanan, dan kesejahteraan rakyat.

"Bidang politik akan ditangani antara lain oleh Pak Sidharto dan A Malik Fajar, bidang pertahanan dan keamanan antara lain Subagyo dan M Jusuf dan kesejahteraan rakyat oleh Pak Hazim Muzadi," ucapnya.

Adiningsih juga menyebutkan bahwa Wantimpres berwenang memanggil orang untuk mendapatkan informasi, agar pertimbangan yang diberikan kepada presiden lebih baik.

"Wantimpres juga berwenang mendatangi orang di Indonesia atau di luar negeri untuk mendapatkan informasi yang diperlukan," ungkapnya.

Ketika ditanya apakah tugas Wantimpres tidak tumpang tindih dengan lembaga lain seperti tim independen atau tim sembilan? Adiningsih mengatakan presiden mempunyai hak untuk mendapatkan informasi, pertimbangan dan nasihat dari berbagai pihak.

"Jadi tidak ada masalah, presiden bisa mendapat masukan, pertimbangan dari berbagai pihak, seperti dari mantan presiden, DPR maupun LSM," tukasnya.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015