Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Selasa, mengatakan jika video yang disinyalir menunjukkan pembakaran hidup-hidup pilot Jordania oleh Negara Islam (ISIS) memang asli, hal tersebut merupakan tindakan "barbar".

"Jika video tersebut asli, itu hanyalah satu petunjuk betapa kejam dan barbarnya organisasi ini, yang cuma tertarik pada pembunuhan dan penghancuran," ujar Obama dalam sebuah pertemuan singkat ketika ditanyakan perihal video tersebut.

Dia menambahkan AS akan "menggandakan kekuatan dan tekad sebagai bagian dari koalisi global untuk memastikan kelompok Negara Islam (ISIS) dikalahkan total".

Video yang disiarkan pada Selasa (3/2) tersebut menunjukkan seorang laki-laki yang diyakini sebagai pilot Jordania Maaz al-Kassasbeh dilalap api di dalam sebuah kerangkeng logam.

Sebelumnya kaum fanatik bersenjata tersebut menawarkan pertukaran sandera, al-Kassasbeh bersama seorang wartawan Jepang Kenji Goto, dengan seorang perempuan terdakwa bom bunuh diri yang divonis mati di Jordania. Namun itu tidak pernah terlaksana.

Pihak Gedung Putih mengatakan lembaga intelijen AS sedang bekerja untuk memastikan keaslian video tersebut.

"AS mengutuk keras tindakan ISIS dan kami menyeru ISIS agar membebaskan semua sanderanya segera. Kami juga merasakan apa yang pemerintah dan rakyat Jordania rasakan," ujar juru bicara Gedung Putih.
(M054/C003)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015