New York (ANTARA News) - Harper Lee akan mengeluarkan buku keduanya "Go Set a Watchman" setelah 50 tahun yang lalu ia merilis "To Kill A Mocking Bird".

"Menceritakan karakter Scout sebagai perempuan dewasa dan saya rasa ini usaha yang cukup layak," kata Lee dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh penerbit Harper, seperti yang diberitaka Reuters.


"Editor saya, yang terbawa pada kilas balik masa kecil Scout. Ia membujuk saya menulia novel dari sudut pandang Scout muda. Saya penulis pemula, jadi saya menurut saja," tambah peraih Hadiah Pulitzer itu.


"Go Set a Watchman" berlatar tahun 1950 dan sebetulnya ditulis sebelum "To Kill A Mockingbird". Lee (88) mengira naskah itu sudah hilang.


Ia kaget ketika pengacaranya Tonja Carter menemukan naskah "Go Set a Watchman".


Dalam novel tersebut, tokoh Scout kembali dari New York untuk mengunjungi ayahnya, Atticus, di kota fiksi Maycomb. Di sana, ia bergulat dengan dirinua dan persoalan politik sekaligus mencoba memahami sudut pandang sang ayah terhadap masyarakat.


Penerbit Harper akan mengeluarkan "Go Set a Watchman" pada 14 Juli 2015.


"To Kill A Mockingbird" yang dikeluarkan pada 1960 bercerita tentang ras dan tumbuh besar di Alabama pada 1930an. Cerita itu merupakan saduran bebas dari pengalaman Harper Lee.


Buku tersebut keluar pada momentum Hak Sipil di Amerika Serikat dan menjadi bacaan wajib di sekolah.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015