Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah dan PB Persatuan Angkat Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) diharapkan peduli terhadap kemajuan binaraga di Tanah Air, kata atlet binaraga nasional Adya Novali.

"Seperti yang saya alami sendiri. Untuk ikut kejuaraan Arnold Sport Festival terpaksa harus mendapatkan sponsor sendiri dari pihak asing, padahal potensi kemajuan binaraga kita sangat besar," kata Adya dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu.

Adya mengaku senang bisa mengikuti kejuaraan yang diakui secara resmi oleh Federasi Binaraga Internasional atau (IFBB) dan menjadi orang Asia kedua setelah Jepang yang mendapatkan kesempatan tersebut.

"Kompetisi ini merupakan satu level di bawah kejuaraan yang diadakan oleh Internasional Federations Body Building (IFBB). Saya sangat bangga karena menjadi orang Indonesia pertama yang mengikuti kejuaraan ini dan menjadi orang yang kedua di Asia setelah atlet dari Jepang," ujarnya.

Menurut rencananya, Adya akan berada di Amerika Serikat selama satu bulan untuk mengikuti berbagai training sebelum puncak kejuaraan Maret mendatang. Adya mengaku telah menyiapkan diri selama satu tahun agar bisa memenangkan kejuaraan tersebut.

Arnold Classic Competitations merupakan kejuaraan resmi organisasi binaraga dunia yang diselenggarakan secara rutin oleh mantan Gubernur Negara Bagian California Amerika Serikat. Untuk kawasan Asia, Indonesia mendapatkan kehormatan sebagai Negara ke dua setelah Jepang yang bisa mengirimkan atletnya di kejuaraan tersebut.

Kejuaraan yang diikuti oleh Adya kali ini berbeda dengan yang pernah diikuti oleh Ade Rai. Kejuaraan yang pernah diikuti Ade Rai sebelumnya lebih bersifat kontes yang tidak menjadi agenda dari IFBB.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015