Frankfurt (ANTARA News) - Kepala Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi pada Rabu mendesak Yunani untuk bernegosiasi "secara konstruktif dan cepat" dengan sesama pemerintah zona euro untuk memastikan stabilitas keuangan, sebuah sumber ECB mengatakan.

Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis mengunjungi markas ECB pada Rabu pagi, sebagai bagian dari negara zona euro yang berutang itu mendorong negosiasi ulang dana talangan (bailout) Athena sebesar 240 miliar euro (270 miliar dolar AS), lapor AFP.

"Presiden telah menjelaskan mandat ECB dan mendesak pemerintah baru untuk terlibat secara konstruktif dan cepat dengan Eurogroup untuk memastikan lanjutan stabilitas keuangan," kata sumber itu kepada AFP, mengacu pada menteri keuangan dari 19 negara anggota euro.

Dukungan ECB untuk bank-bank Yunani terkait erat dengan dana talangan internasional Yunani. Athena ingin merenegosiasi perjanjian aturan ketat pemerintah Yunani sebelumnya di bawah kesepakatan itu.

Program dana talangan internasional saat ini akan berakhir pada akhir bulan ini, dan tahapan baru harus membutuhkan negosiasi dan kesepakatan antara Athena dan mitra zona euro.

"Kami telah berdiskusi yang sangat bermanfaat," kata Varoufakis setelah pertemuan panjang dengan Draghi.

(Uu.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015