Jakarta (ANTARA News) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri sudah berkomunikasi dengan Menteri Tenaga Kerja Malaysia Dato Sri Richard Riot soal tayangan iklan alat pembersih yang melecehkan tenaga kerja Indonesia (TKI) di negara itu.

"Saya sudah kirim pesan langsung kepada kolega saya Dato Sri Richard Riot, Menaker Malaysia, agar memberi perhatian terhadap masalah yang terbukti dan membantu menanganinya secara serius untuk kebaikan hubungan kedua negara," katanya di Jakarta, Kamis.

"Respons Beliau positif, akan membantu penyelesaian masalah tersebut melalui otoritas setempat yang terkait," tambah Hanif.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, ia melanjutkan, juga sudah mengambil langkah yang diperlukan untuk menangani masalah tersebut melalui perwakilan pemerintah di Malaysia.

"Semoga segera terselesaikan dan tidak terulang lagi di kemudian hari," katanya.

Meski mengaku tidak nyaman dengan iklan alat pembersih yang mencantumkan tulisan "Fire Your Indonesian Maid Now!" (Pecat Pembantu Indonesia Anda Sekarang) itu Hanif mengatakan bahwa persoalan tersebut tetap harus ditangani dengan kepala dingin.

"Jangan sampai pihak-pihak tertentu, dengan iklan semacam itu, mengganggu hubungan baik Indonesia-Malaysia selama ini," kata Hanif.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015