Jakarta (ANTARA News) - Sribulancer pasar online untuk pencarian freelancer dan tenaga kerja tetap, melakukan survei terhadap 1.000 anggotanya dan sampai pada kesimpulan bahwa sebagian besar yakin pekerjaan freelance dapat dijadikan sebagai pekerjaan utama.

Laporan survei Sribulancer yang diterima ANTARA News, Rabu, menyebutkan bahwa 5 dari 10 freelancer adalah pekerja tetap/karyawan dan mayoritas dari mereka merupakan pekerja yang baru memulai karir (baru bekerja satu sampai dua tahun) atau berusia sekitar 18-25 tahun.Rata-rata penghasilan yang diperoleh mayoritas responden mencapai Rp 1-5 juta/bulan.

Sribulancer mengatakan hampir 600 freelancer yang disurvei mengatakan bahwa pekerjaan freelance mereka saat ini menjadi penghasilan utama mereka meskipun mereka juga berstatus sebagai pekerja tetap/karyawan di suatu perusahaan.

"Meskipun begitu tidak dapat dipungkiri bahwa menjadi seorang pekerja freelance juga tidak mudah. Akses informasi terhadap pekerjaan freelance menjadi kendala utama bagi para pekerja freelance, di samping membangun reputasi/kredibilitas mereka," tulis laporan survei tersebut.

Survei tersebut juga menyebutkan sekitar 30 persen responden masih mengandalkan informasi/ rekomendasi dari teman/ rekan kerja/ klien terdahulu untuk mendapatkan pekerjaan freelance.

50 persen responden merasa terbantu dan melek terhadap situs-situs freelancer yang menjadi wadah informasi lowongan pekerjaan freelance.

Ketatnya persaingan meniti karir sebagai pekerja tetap/karyawan menurut Sribulancer menjadikan para pekerja muda yang baru memasuki dunia kerja semakin melirik opsi lain dalam mendapatkan penghasilan lebih melalui
pekerjaan freelance. Fleksibilitas waktu yang dimiliki sebagai seorang pekerja freelance menjadikan pekerjaan ini makin banyak diminati.

“Melihat perkembangan dan prospek pekerjaan freelance, kami yakin ke depannya semakin banyak pekerja yang melirik pekerjaan freelance. Bahkan pekerjaan freelance ini dapat menjadi solusi mengatasi penganguran di Indonesia. Hanya berbekal akses internet dan laptop/komputer/gadget, tiap orang dapat menjadi freelancer.” kata Ryan Gondokusumo, CEO sekaligus pendiri Sribulancer dalam siaran persnya.

“Kebutuhan akan jasa freelancer oleh para pelaku usaha pun terus meningkat. Terbukti baru 6 bulan Sribulancer berdiri, kami sudah menerima lebih dari 500 lowongan kerja freelance di situs kami dengan total transaksi lebih dari Rp 960 juta,” tambahnya.

Sribulancer sendiri merupakan situs yang menghubungkan antara perusahaan atau indivisu yang mencari tenaga kerja dengan sang pencari kerja. Saat ini, situs tersebut memiliki lebih dari 12.000 anggota freelancer.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015