Batam (ANTARA News) - Ketua Bidang Pameran Panitia Pusat HPN 2015 Adhy Trisnanto mengatakan Pameran Pers bertajuk "Peradaban Pers" yang digelar pada 5-9 Februari di Kepri Mall, Batam pada rangkaian Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2015 adalah demi mengajak masyarakat lebih dekat dengan dunia pers.

"Diharapkan lewat pameran ini bisa membuka wawasan masyarakat dan membuat pers semakin dekat dengan masyarakat luas," kata Adhy Trisnanto saat acara pembukaan pameran di Kepri Mall, Batam, Kamis.

Sejumlah acara digelar dalam perayaan HPN 2015 yakni seminar, pameran, dan hiburan.

"Kalau acara seminar itu kan untuk undangan terbatas maka dari pameran dan hiburan bisa menyapa masyarakat dengan kegiatan yang interaktif. Sehingga HPN tidak hanya dinikmati industri pers tetapi juga masyarakat," jelas Adhy.

Peradaban Pers Pameran dengan tema peradaban pers bertujuan juga menambah wawasan masyarakat dalam mengetahui perkembangan pers dari masa ke masa.

Kantor Berita ANTARA sebagai salah satu dari 26 peserta pameran mengajak masyarakat mengenal lebih dekat ANTARA sebagai kantor berita yang pertama kali menyiarkan berita proklamasi.

Seiring perkembangan zaman, ANTARA juga semakin selaras dengan era digital sebagaimana yang ditampilkan dalam stan pameran seperti mengenalkan fungsi ANTARA melalui games digital.

Sementara itu di stan Monumen Pers Nasional, pengunjung diperlihatkan pada perkembangan media dari yang pertama hingga saat ini.

Media Algemen Dagblad van Nederlandsch Indie, koran berbahasa belanda menjadi koleksi media tertua yang dimiliki oleh monumen pers nasional.

Pewarta: Monalisa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015