... arah Aceh, lahannya telah ada tetapi sudah mati sehingga perlu diaktifkan lagi...
Medan (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia menyiapkan pembangunan jalur kereta api Trans Sumatera di Sumatera Utara yang akan ditembuskan ke Provinsi Riau dan Aceh.

Sekretaris Satuan Kerja Pengembangan Perkeretaapian Sumatera Utara, Iskandar, di Medan, Kamis, mengatakan, di Sumatera Utara, jalur yang mengarah ke Riau itu akan dibangun dari Rantau Parapat di Kabupaten Labuhan Batu menuju Kota Pinang di Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Pihaknya akan melakukan berbagai persiapan untuk jalur sepanjang 43 km tersebut karena lahannya sudah berhasil didapatkan.

Untuk jalur yang mengarah ke Aceh, akan dibangun jalur kereta api dari Kota Binjai menuju Besitang di Kabupaten Langkat sepanjang 85 km.

Lokasi untuk pembangunan jalur kereta api Binjai-Besitang tersebut juga sudah ada tetapi perlu direaktiviasi karena telah lama tidak dipergunakan.

"Untuk arah Aceh, lahannya telah ada tetapi sudah mati sehingga perlu diaktifkan lagi," katanya.

Jalur Rantau Paparat-Kota Pinang dan Binjai-Besitang tersebut akan tersambung dengan jalur yang sudah ada mulai dari Kota Binjai, Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan, Labuhan Batu Utara, hingga Labuhan Batu. 

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015