Yaounde (ANTARA News) - Menteri Pertahanan Kamerun Edgar Alain Mebe pada Kamis menegaskan 81 warga sipil tewas oleh anggota Boko Haram dalam satu serangan di Wilayah Utara-Jauh Kamerun pada Rabu (5/2).

Menteri tersebut mengatakan dalam satu pernyataan jumlah awal itu memperlihatkan 13 prajurit Chad dan enam tentara Kamerun juga tewas dalam serangan tersebut, demikian laporan Xinhua.

Sebanyak 7.000 anggota faksi garis keras melancarkan serangan terhadap Fotokol, kota kecil di Wilayah Utara-Jauh pada Rabu pagi, dengan menggunakan 30 truk lapis baja dan senjata berat.

Baku-tembak sengit terjadi antara gerilyawan dan militer gabungan Chad dan Kamerun. Fotokol jatuh ke dalam kekuasaan gerilyawan Boko Haram dan direbut kembali oleh militer beberapa jam kemudian.

Beberapa sumber sebelumnya mengatakan kepada Xinhua sedikitnya 300 gerilyawan tewas dalam pertempuran.

Pertemuan tingkat tinggi paling akhir di Afrika itu berakhir beberapa hari lalu dan memutuskan untuk membentuk pasukan multinasional dengan 7.500 personel guna memerangi Boko Haram.

Pemimpin Masyarakat Ekonomi Negara Afrika Sentral akan bertemu di Ibu Kota Kamerun, Yaounde, pada 16 Februari guna membahas pembentukan pasukan tersebut.

(Uu.C003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015