Pada awal 2015 layanan pinjam antarperpustakaan fakultas sudah kami ujicobakan di 10 fakultas dan bisa berjalan dengan baik,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta memperkuat peran perpustakaan untuk mendukung kegiatan pembelajaran dengan membuka layanan pinjam antarperpustakaan fakultas.

"Dengan layanan tersebut mahasiswa dapat meminjam buku yang ada di seluruh perpustakaan fakultas di lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM)," kata Kepala Perpustakaan UGM Nawang Purwanti di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, dengan layanan tersebut mahasiswa UGM kini tidak perlu lagi merasa bingung apabila ingin meminjam buku referensi yang berada di perpustakaan fakultas lain.

"Pada awal 2015 layanan pinjam antarperpustakaan fakultas sudah kami ujicobakan di 10 fakultas dan bisa berjalan dengan baik," katanya.

Ia mengatakan layanan pinjam antarperpustakaan sementara ini baru dilaksanakan di perpustakaan Fakultas Biologi, Fakultas Geografi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Selain Fakultas Filsafat, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Teknik, dan Fakultas Teknologi Pertanian.

"Namun, layanan itu nanti ditargetkan dapat diterapkan secara menyeluruh di semua perpustakaan fakultas. Kami berharap semester ini sudah bisa dijalankan di semua perpustakaan fakultas di UGM," katanya.

Menurut dia, pengembangan layanan itu merupakan wujud dukungan perpustakaan dalam mendukung atmosfer pembelajaran kolaboratif dan inspiratif di UGM. Sebelumnya telah menambah layanan Windows of the World (WoW).

"Penguatan peran perpustakaan untuk mendukung kegiatan pembelajaran di UGM itu juga dilakukan dengan merilis mobile library untuk memudahkan pengguna dalam mengakses fasilitas perpustakaan dan database e-journal melalui smartphone," katanya.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015