Makassar (ANTARA News) - Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Kota Makassar memperluas wilayah pencarian korban pesawat AirAsia QZ8501.

"Ada tujuh titik yang kita fokus untuk mencari jenazah korban ataupun serpihan pesawat, dan kita perluas sampai ke Palu dan Sulawesi Barat," sebut Kepala Badan dan Operasional Basarnas Kota Makassar, Deden Ridwansyah, Sabtu.

Ia menyebutkan titik-titik fokus yang berpotensi ditemukan korban seperti di perbatasan Palu Sulawesi Barat di Kabupaten Topoyo, Mamuju, Majene, Polewali Madar. Sementara di Sulawesi Selatan di Kabupaten Pinrang dan Barru.

"Kami juga dibantu nelayan, BPBD setempat dan Kepolisian dengan menelusuri wilayah pesisir pantai serta tujuh titik wilayah perairan di Sulawesi," sebutnya.

Saat ditanyai kapan berakhirnya masa pencarian korban yang sudah memakan waktu sebulan lebih secara nasional, kata dia, pencarian korban tersebut terus dilakukan sampai batas tidak ditentukan.

"Belum ada perintah dari Basarnas Pusat untuk menghentikan pencarian, sampai kapan di lakukan pencarian, kami belum tahu pasti," katanya.

Sebelumnya, jumlah jenazah korban pesawat AirAsia QZ8501 sebanyak delapan orang di wilayah terpisah. Enam jenazah di Kabupaten Majene Sulawesi Barat (Sulbar) dan dua jenazah Kabupaten Pinrang Sulsel.

Berdasarkan penemuan delapan jenazah tersebut, pihak Basarnas bersama tim gabungan mulai mendapat titik terang, dan memperluas pencarian di wilayah Majene Sulbar dan di Wilayah Sulawesi Selatan, Barat dan Sulawesi Tengah dan sekitarnya.

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015