Bata, Equatorial Guinea (ANTARA News) - Dua tim kuat benua Afrika, Pantai Gading dan Ghana, akan berduel pada final Piala Afrika yang akan digelar pada Minggu (8/2) di Bata, Guinea Equatorial.

Berikut lima fakta putaran final Piala Afrika dikutip dari AFP:

1. Sebanyak 61 gol tercipta dari 28 final turnamen ini dengan rata-rata 2,17 gol tercipta pada setiap pertandingan. Sebanyak 25 gol tercipta pada babak pertama, 31 gol pada babak kedua dan lima pada babak perpanjangan waktu.

2. Hanya enam gol yang tercipta dalam tujuh laga final terakhir, bahkan tiga gol di antaranya tercipta pada final 2004 ketika Tunisia menang 2-1 atas Maroko di Rades.

3. Dari 10 final yang sampai ke babak perpanjangan waktu, tujuh di antaranya berlanjut pada adu penalti. Salah satu laga paling dramatis adalah final 1992 ketika Pantai Gading menghentikan Ghana 11-10 melalui adu penalti.

4. Ad Diba menjadi satu-satunya yang mencetak empat gol pada final pertama Piala Afrika pada 1957 kala membawa Mesir menekuk Ethiopia 4-0 di Khartoum. Sampai saat ini tidak ada pesepakbola yang bisa mencetak lebih dari dua gol pada partai final Piala Afrika.

5. Mesir yang tidak lolos pada Piala Afrika 2015 memegang rekor gelar terbanyak dengan tujuh kali juara diikuti Kamerun dan Ghana yang masing-masing empat kali juara, Nigeria tiga kali, dan Zaire (sekarang Republik Demokratik Kongo) dua kali.



Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015