Bata, Guinea Equatorial (ANTARA News) - Laga Final Piala Afrika yang akan digelar Minggu (8/2) mempertemukan Pantai Gading melawan Ghana menyimpan sejarah laga dramatis dalam 58 tahun penyelenggaraannya.

Berikut lima laga Final Piala Afrika dilansir dari AFP, Sabtu.

1)  Final 1972: Republik Kongo 3-2 Mali
Jean-Michel M'Bono mencetak dua gol dan Francois M'Pele membukukan satu gol untuk Kongo hanya dalam waktu tujuh menit babak kedua setelah Mali unggul dua gol pada babak pertama dalam laga final yang digelar di Yaounde, Kamerun.

2. Final 1992: Pantai Gading 0-0 Ghana (11-10 adu penalti)
Laga ini diklaim dramatis karena untuk menentukan pemenang, kedua finalis perlu 24 tendangan penalti pada laga yang digelar di Dakar, Senegal.

Basile Kouame menjadi pahlawan Pantai Gading yang mencetak gol ketika penendang sebelumnya, Tony Baffoe, mencetak gol bagi Ghana.

3. Final 1994: Nigeria 2-1 Zambia
Tim nasional Zambia yang disusun dalam waktu kurang dari setahun akibat kecelakaan pesawat yang menewaskan seluruh anggota tim nasional, kalah pada final yang digelar di Tunisia akibat dua gol penyerang Nigeria, Emmanuel Amunike.

4. Final 2000: Kamerun 2 Nigeria 2 (4-3 adu penalti)
Bek senior Rigobert Song menjadi penentu kemenangan Kamerun dalam adu penalti pada final di Lagos, Nigeria.
Tuan rumah Kamerun telah unggul dua gol pada babak pertama namun Nigeria berhasil memaksakan skor imbang hingga babak adu penalti kendati tetap kalah.

5. Final 2012: Zambia 0 Pantai Gading 0 (8-7 adu penalti)
Final 2012 di Gabon merupakan laga yang dramatis karena Zambia mampu mengalahkan tim unggulan Pantai Gading meski harus melewati adu penalti.
Kemenangan Zambia juga menjadi dramatis karena 19 tahun sebelum laga final itu, pesawat yang membawa timnas Zambia mengalami kecelakaan di lepas pantai dekat kota Libreville.
Libreville, Gabon, adalah lokasi final Piala Afrika 2012 diselenggarakan dan Zambia berhasil meraih gelar Piala Afrika pertamanya.



Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015